Coretan Ilmu

tips, resep masakan, cerpen

9.3.13

JAWABAN UAM METODOLOGI

Jawaban soal ujian akhir materi metodologi penelitian

Penelitian merupakan suatu kegiatan untuk menentukan sesuatu hal yang baru, dalam segala bidang. Sedangkan pengertian untuk metodologi penelitian adalah cara atau prosedur tentang penulisan hasil, beserta aturan-aturan yang ada di dalamnya. Penelitian sangat penting bagi kehidupan manusia, karena bisa bermanfaat untuk kehidupan. Contohnya, dibidang kesehatan. Jika ditemukan suatu penyakit baru, itu perlu diadakan penelitian untuk mengetahui penyebab dan obat untuk mematikan penyebab penyakit baru yang muncul tersebut. Dibidang lain pun, kita mungkin tidak akan mengetahui sejarah, asal-usul tentang manusia atau asal-usul apapun itu jika tidak dilakukan penelitian. Pada dasarnya, penelitian ada untuk menambah ilu dan pengetahun. Sedangkan bagi organisai usaha tidak kalah penting, usaha yang akan kita rintis harus melakukan penelitian dalam segala bidang yang bersangkutan dengan usaha kita. Salah satu bidang yaitu bahan baku. Bahan baku adalah hal utama dan pentin, bahan baku harus ditelliti dan diketahui terbuat dari bahan apa, berasal dariman, dan kwalitas serta kwantitas.
Masalah    :  adanya suatu harapan tapi tidak sejalan atau ada benturan, kendala dalam         kenyataan yang ada.
Permasalahan : masalah yang sudah terindtifikasi.
Fenomena      : suatu masalah yang terjadi dengan sangat luar biasa.
Perumusan masalah adalah suatu tahap dalam penelitian yang sangat penting. Karena tanpa adanya perumusan masalah, penelitian tidak akan membuahkan hasil. Fungsi kedua, adalah sebagai pedoman, penentu arah atau fokus dari suatu penelitian. Suatu perumusan masalah adalah dengan adanya perumusan masalah penelitian, maka para peneliti menjadi dapat dipermudah di dalam menentukan siapa yang akan menjadi populasi dan sampel penelitian. Tujuan penelitian adalah bagian yang berisi tentang hasil yang ingin dicapai dari penelitian. Sangat penting penentuan tujuan penelitian karena tanpa tujuan para peneliti tidak akan fokus dan cakupan penelitiannya akan menjadi luas. Untuk manfaat penelitian, manfaatnya adalah hasil yang didapat dari penelitian. Manfaat terbagi menjadi 3 bagian yairu manfaat untuk sipeneliti, objek peneliti, dan yang terakhir manfaat untuk lembaga atau institusi kita bernaung.
Kerangka teori adalah kumpulan dari pertanyaan-pertanyaan teori yang dipadukan menjadi satu kesatuan sebagai landasan penelitian yang akan dilakukan. Menyusun kerangka yang baik adalah yang utama sistematis dan terurut. Buat tiap tahap penelitian secara garis besar. Kerangka ini, sangat membantu peneliti untuk menemukan bahan dan keterangan-keterangan lain.
Populasi adalah seluruh unit yang akan diobservasi, sedangkan sampel adalah bagian dari populasi dan bisa mewakli populasi tersebut. Ada beberapa teknik pengambilan sampel. Pertama dengan Probability Sampling adalah teknik sampling (mengambil secara acak) yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi sampel. Dan yang kedua adalah teknik Non Probability Sampling adalah teknik sampling yang memberi peluang atau kesempatan tidak sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pemilihan elemen-elemen sampel didasarkan pada kebijaksanaan penaliti sendiri. Pada prosedur ini, masing-masing elemen tidak diketahui apakah berkesempatan menjadi elamen-elemen sampel atau tidak.
Pengambilan data dalam penelitian bisa dilakukan dengan cara wawancara dan pengisisan kuisioner. Dua cara ini lazim dilakukan dalam penelitian untuk mengumpulkan data. Dalam segala bidang selalu ada sisi positif dan negari. Begitupun dengan cara pengambilan data.
Wawancara atau interview yaitu bertanya terhadap sampel atau populasi mengenai bahan yang akan diteliti.

Keuntungan :





Kelemahan :
·         memperoleh data secara cepat,
·       respon dari responden bisa terlihat langsung dan jelas,
·         lebih fleksibel.


·    kerahasiaan dan kebenaran jawaban responden kurang terjamin,

·         biaya yang dikeluarkan relative mahal.

Kuisioner adalah pengumpulan data secara tertulis dengan mengisi beberapa pertanyaan yang diajukan.
Keuntungan :






Kelemahan :
·         pertanyaan biasanya dijawab sampai tuntas,
·         ada variasi jawaban,
·         mudah melakukan pengolahan data,
·         dapat membandingkan jawaban responden.



·     pemahaman setiap rseponden tidak sama satu sama lain terhadap pertanyaan dalam kuisioner,
·   terkadang responden malas untuk menjawab pertanyaan tanpa adanya timbal balik.


Penelitian ada 3 jenis, yaitu :
a.       Penelitian kwantitatif adalah penelitian yang biasanya membahas tentang pengaruh, hubungan dan peranan.
b.      Penelitian kwalitatif adalah penelitian yang berteori kuat dan biasanya berdasarkan analitik.
c.       Penelitian pengembangan adalah penelitian yang mengambil dari data yang sudah ada, tapi adanya pengembangan. Seperti bentuk daftar tabel.  

0 komentar:

Posting Komentar